Langkah Praktis Cara Budidaya Ikan Mas Koki di Akuarium

Cara Budidaya Ikan Mas Koki

Ada beberapa tahapan penting pada cara budidaya ikan mas koki yang perlu diperhatikan. Tahapan-tahapan tersebut adalah sebagaimana yang dipaparkan di bawah ini

Persiapan Budidaya

Untuk persiapan budidaya ikan mas koki dengan mudah bisa dikerjakan di akuarium. Ukuran akuarium yang bisa dipakai berukuran panjang 80 cm lebar 40 cm serta tinggi 40 cm.

Cara Budidaya Ikan Mas Koki

Untuk jumlah akuarium, sebaiknya gunakan 4 buah akuarium. Isilah wadah akuarium yang dapat dipakai untuk memijahkan induk mas koki dengan air yang mencapai ketinggian 20 cm. Air didiamkan sepanjang 1 hari, baru diberi substrat seperti eceng gondok. Manfaat eceng gondok dipakai untuk tempelkan telur ikan koki serta untuk merangsang pemijahan.

Seleksi indukan Ikan

Induk ikan yang dapat dipijahkan situasinya mesti sehat, lincah serta sudah masak telur (gonad).

Ciri induk jantan

  • Jika diurut di bagian perut dapat mengeluarkan cairan berwarna putih susu
  • Terdapat benjolan kecil warna putih pada tutup insang atau kadang-kadang pada jari-jari pertama sirip dada
  • Wujud dubur oval serta kecil

Ciri induk betina

  • Jika diurut di bagian perut dapat mengeluarkan cairan kuning berbentuk telur ikan koki
  • Di bagian perut agak membesar
  • Wujud dubur besar serta bulat

Sistem pemijahan

Untuk sistim pemijahan pada cara budidaya ikan mas koki, maka induk yang dapat dipijahkan diseleksi dahulu. Dalam hal ini perbandingan induk jantan serta betina adalah 1 : 2. Sistem pemijahan dapat berjalan dicirikan dengan saling berkejaran yang terjadi pada induk jantan serta induk betina.

Induk dapat berhenti memijah apabila sudah mengeluarkan telur serta spermanya. Ciri-cirinya adalah jika induk jantan dan betina sudah tidak saling berkejaran lagi.

Jika proses pemijahan sudah selesai, segera pindahkan induk mas koki tadi dari akuarium dikarenakan apabila tidak dipisahkan maka induk tersebut dapat mengonsumsi telurnya sendiri

Proses Penetasan

Sistem penetasan ikan mas koki bisa berlangsung selama lebih kurang 2 – 4 hari. Telur ikan yang tidak terbuahi dapat membusuk serta tak lagi menetas sehingga mudah diserang oleh jamur. Suhu air pada akuarium lebih kurang 24-28 derajat celcius.

Pastikan untuk selalu memberi aerasi pada akuarium yang berfungsi untuk mensuplai oksigen.
Sesudah menetas larva tetap memiliki kandungan kuning telur, sehingga Anda tidak perlu untuk memberiya pakan. Sesudah kuning telur habis larva dapat diberi saringan dapnia atau kuning telur ayam yang sudah direbus.

Demikian sedikit info praktis cara budidaya ikan mas koki yang mudah dijalankan dan semoga bermanfaat untuk anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *